Sunday, January 08, 2006

Renungan Singkat Perubahan Tahun di Indonesia

Yang kekal di dunia ini satu-satunya adalah perubahan, demikian kata hasil perenungan manusia.
Tak terkecuali Tahun sebagai tanda waktu.
Menyikapi perubahan waktu dengan ukuran tahun berbeda-beda untuk masing-masing individu.
Para ABG di pelosok berbeda sikap dengan ABG di kota, demikian juga dengan para ortu di dua tempat yang berbeda itu.
Perbedaan sikap, sehubungan dengan perubahan tahun itu dapat disimpulkan: tergantung dari sejauh mana seseorang menyerap bagaimana perubahan tahun itu diberi makna dan peristiwa-peristiwa apa yang terjadi di seputar itu.
Ada satu perubahan diantara sekian banyak perubahan yang menyertai perubahan waktu, yakni evolusi pemikiran manusia yang biasanya sepadan dan sejalan dengan tantangan yang dihadapi.
Hasil evolusi pemikiran itu bertingkat-tingkat, tergantung apa yang dianggap sebagai tantangan
bagi dirinya.
Bagi orang yang hanya fokus terhadap diri sendiri(bagaimana mengamankan isi kantong dan perutnya terhadap tantangan seiring dengan perubahan waktu), akan tidak banyak perubahan pola pikirnya, bahkan mungkin terhenti pada link tertentu.

Indonesia di awal tahun ini, ditandai dengan sinyal-sinyal alam/ banjir, tanah longsor, terkuaknya sebagian kecil dari ujung akibat perilaku KKN=formalin dan zat pewarna baju yang masuk ke dalam perut anak-anak bangsa, sangat dan membutuhkan pahlawan-pahlawan dengan ketajaman olah pikir(hasil evolusi bukan seperti contoh di atas, bahkan bila perlu dengan revolusi pemikiran para teknokrat yang punya keinginan baik) untuk di barisan terdepan memberi sumbangsih pemecahan masalah.

Apa sulitnya??
Sulit!!!!
Betapa tidak, untuk mengatasi 2 hal di atas sudah pasti membutuhkan perombakan total System dan sub-sub System di banyak lembaga negara.
Mulai dari lembaga Kepolisian(sedang berbenah?), Kehutanan(..?), Perindustrian, Pengawasan Obat dan Makanan(dua yang terakhir ini sedang saling lempar bola perizinan dan pengawasan), Kehakiman(???).

Memang lembaga-lembaga itu belum beres??

Hanya orang-orang yang evolusi pemikirannya mandeg yang menjawab sudah.


Selamat Malam.

2 Comments:

Blogger lare grage said...

yup, I quite agree with you,Life is changes, hopefuly this year will be better than the last. despite all of the disasters that torturing our beloved country, we've to keep strugle, change to a better way.

4:18 PM

 
Blogger Eska Wiraman said...

Lare Grage??!!?
I rather know who is the "samaran" name.
Lare's means anak in Cirebon language!
Grage is other name of Cirebon!

Are you my son?
If it's corect: " be a nation builder, please!!.. "

8:33 AM

 

Post a Comment

<< Home